Manfaat buah nangka untuk pasien Diabetes-

29/06/2019

Hail… ketemu lagi di artikel sehat RSI Kota Magelang, kali ini akan berbagi manfaat buah nangka bagi pasien Diabetes tipe 2. Buah nangka merupakan buah yang banyak dijumpai pada daerah beriklim tropis seperti Indonesia ini.  Diabetes tipe 2 mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Sementara beberapa faktor risiko diabetes dapat dikontrol dan dikaitkan dengan gaya hidup dan pilihan makanan, yang lain seperti riwayat keluarga, usia dan jenis kelamin berada di luar kendali seseorang. Karena itu, jika seseorang didiagnosis mengidap diabetes, mereka harus mengikuti gaya hidup sehat dan diet yang tepat untuk memastikan gula darah mereka tidak melonjak dan tetap terkendali.

Jenis makanan yang dikonsumsi seseorang memiliki dampak langsung terhadap kadar gula darah. Nangka, buah yang tumbuh di iklim tropis adalah salah satu makanan paling unik di dunia dengan ukurannya yang luar biasa besar. Nangka adalah buah terbesar di dunia dan beratnya bisa mencapai 30 kg. Mereka yang menjadi vegetarian menggunakannya sebagai pengganti daging karena teksturnya. Namun, bagi pasien diabetes, nangka memiliki banyak khasiat yang dapat membantu dalam pengelolaan gula darah.

Berikut manfaat konsumsi nangka bagi pasien diabetes tipe 2 seperti dilansir dari Times of News diantaranya :

1. Indeks Glikemik Rendah
Glycemic Index, disingkat GI, adalah peringkat relatif karbohidrat dalam makanan sesuai pengaruhnya terhadap kadar glukosa darah. Nangka memiliki GI rendah, yang membuatnya cocok untuk penderita diabetes. Makanan lain dengan buah-buahan dan sayuran non-pati rendah GI seperti wortel dan mentimun. Pasien diabetes harus memasukkan makanan ini dalam diet mereka untuk menjaga gula darah terkontrol.

2. Serat Tinggi
Makanan tinggi serat disarankan untuk dikonsumsi bagi pasien diabetes tipe 2. Serat membantu memperlambat penguraian gula dalam darah dan karena itu menjaga gula darah diatur dan dikelola. Buah-buahan seperti beri, pir, melon, dan sayuran seperti brokoli kaya akan serat dan harus dimasukkan dalam makanan untuk penderita diabetes.

3. Protein Tinggi
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Medical University of Vienna, Austria, protein dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah segera setelah makan. Karena nangka kaya akan protein, buah ini aman untuk dimasukkan dalam makanan pasien diabetes untuk manajemen gula darah.

4. Kaya Antibiotik
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, ditemukan bahwa ekstrak daun nangka membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan juga membantu dalam manajemen gula jangka panjang pada tikus. Hasil ini dikaitkan dengan adanya antioksidan flavonoid dalam nangka. Jika kita mengikuti penelitian, nangka dapat membantu menjaga gula darah tetap terkelola karena adanya flavonoid di dalamnya.


Posted in Front, info

Leave a Comment